Unsur-Unsur Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Menulis Cerpen

Husnahisaba.com – Pada postingan kali ini kita akan belajar mengenai unsur-unsur penting yang harus kita perhatikan dalam membuat cerpen.

Unsur-unsur cerita pendek itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Keduanya akan saya bahas secara lengkap beserta pengertiannya pada tulisan ini.

Mungkin sudah tidak asing bagi kita dengan istilah cerpen (Cerita Pendek) yang memiliki arti sebuah karya sastra yang di tulis dalam bentuk tulisan yang pendek, biasanya memaparkan kisah atau cerita tentang kehidupan manusia.

Agar cerpen yang kita buat memiliki kualitas yang baik dan bisa diterima dengan baik pula oleh kalangan pembaca, maka kita perlu memperhatikan beberapa unsur penting dalam pembuatannya.

Adapun unsur-unsur tersebut berserta penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Tema

Tema adalah gagasan inti atau ide pokok pikiran utama yang melandasi sebuah cerita. Tema merupakan dasar terbentuknya sebuah cerita. Tema haruslah menjadi pusat dalam rangkaian pembuatan cerpen, agar cerpen yang kita buat tidak keluar dari dasar cerita yang sudah kita tentukan di dalam sebuah tema.

2. Alur/Plot

Alur adalah rangkaian peristiwa yang menjadi jalannya sebuah cerita, saling sambung menyambung memliki keterkaitan dimulai dari tahap orientasi sampai ke tahap klimaks dan penyelesaian (anti klimaks).

Sedangkan plot, singkatnya adalah sebab-akibat atau sebuah aktivitas untuk mencapai yang diinginkan. Semua cerita yang terjadi didalam cerita pendek harus berdasarkan hukum sebab-akibat.

3. Tokoh dan Penokohan

Tokoh adalah pelaku atau pemeran dalam sebuah cerita. Penentuan tokoh dalam membuat cerpen juga perlu diperhatikan agar cerpen yang kita buat berkesan di mata para pembaca. Karena tokoh memiliki peran penting dalam sebuah cerita. Setiap tokoh tidak lepas dari yang namanya penokohan, atau bisa kita sebut perwatakan yang ada pada tokoh. Penokohan merupakan kekuatan sebuah cerpen.

4. Latar

Latar merupakan segala keterangan mengenai waktu, tempat, dan suasana dalam sebuah cerita. Latar memiliki keterkaitan erat dengan ide pokok atau tema dalam cerita. Dengan perpaduan antara latar dan tema yang baik dan tepat maka akan menghasilkan cerpen yang memiliki nilai kualitas yang tinggi, tentunya ditambah dengan kemampuan dan keuletan kita dalam mengolahnya.

5. Sudut Pandang / POV (Point of View)

Salah satu unsur yang tidak bisa ditinggalkan dalam penulisan cerpen adalah peranan sudut pandang tokoh yang dibangun oleh penulis. Sudut pandang merupakan teknik bercerita yang dituangkan oleh penulis atau cara penulis dalam menyampaikan visinya dan menempatkan diri di dalam sebuah cerita.

Beberapa jenis sudut pandaang diantaranya:

  • Sudut pandang orang pertama: penulis menggunakan sudut pandang “aku atau saya”
  • Sudut pandang orang ketiga: penulis menggunakan sudut pandang “ia atau dia” atau bisa juga dengan menyebut nama tokohnya.
  • Sudut pandang campuran: penulis menggabungkan antara sudut pandang orang pertama dengan sudut pandang orang ketiga.

Itulah beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah cerpen, semoga dengan pengetahuan yang telah kita pelajari, dapat kita terapkan dan realisasikan dengan baik dalam proses pembuatan cerpen, sehingga kita bisa meningkatkan kualitas cerpen yang kita buat dan berkesan baik di mata para pembaca.

Husna Hisaba

Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Tinggalkan Balasan

*