Keutamaan Bersabar ketika Menghadapi Kesulitan

Husnahisaba.com – Diantara ciri orang yang beriman adalah bersabar ketika dihadapkan pada berbagai kesulitan dengan lapang dada, kemauan yang keras, serta ketabahan yang besar. Karena itu, jika kita tidak bersabar, maka apa yang bisa kita lakukan?

Apakah kita memiliki solusi lain selain bersabar? Dan apakah kita mengetahui senjata lain yang dapat kita gunakan selain kesabaran?

Ada sebuah kisah,

Dikisahkan ada seorang pembesar negeri yang memiliki ladang gembalaan dan hamparan ladang yang luas, namun ladang yang ia miliki itu selalu ditimpa oleh musibah, setiap kali selesai dari satu kesulitan, kesulitan yang lain akan datang menimpanya. Meski demikian, ternyata ia tetap berlindung dibalik perisai kesabaran dan mengenakan tameng keyakinan kepada Allah Swt.

Ia percaya akan hikmah dan kebaikan yang Allah berikan untuknya. Demikian itulah orang-orang yang mulia dan terhormat, yang bertarung melawan setiap kesulitan dan mengembalikan segala sesuatunya kepada Allah dengan mengharapkan ridha Allah Swt.

Maka bersabarlah karena Allah. Dan sebaiknya kita bersabar sebagaimana kesabaran orang yang yakin akan datangnya kemudahan, mengetahui tempat kembali yang baik, mengharap pahala, dan senang mengingkari kejahatan.

Seberapa pun besar permasalahan yang kita hadapi, tetaplah bersabar. Karena kemenangan itu sesungguhnya akan datang bersama dengan orang-orang yang sabar. Jalan keluar datang bersama dengan kesulitan. Dan dalam setiap kesulitan itu ada kemudahan.

Orang-orang yang sukses, orang-orang terkenal, orang-orang yang sekarang telah menjadi orang-orang hebat dan memiliki pengaruh yang besar. Mereka semua melalui proses lika-liku kehidupan dengan besarnya kesabaran dan agungnya ketabahan mereka dalam mengahadapi berbagai situasi sulit.

Deraan musibah dan begitu banyaknya ujian yang menimpa itu mereka anggap sebagai tetesan air dingin yang memercik di kepala mereka, mereka tak tergoyahkan layaknya gunung yang kokoh, dan menancap jauh ke dalam kebenaran.

Dalam waktu singkat orang-orang hebat dapat melupakan semua kesedihan itu dan wajah mereka kembali berbinar menyorotkan cahaya kemenangan.

Itulah keutamaan bersabar dalam menjalani setiap kesulitan, musibah, ujian, dan berbagai cobaan hidup. Pada intinya ketika kita mampu bersabar menghadapi semuanya, kemenangan dan kemudahan akan hadir menemani kita dengan sendirinya


Source : Dikutip dari buku berjudul Jangan Bersedih Intisari La Tahzan karya Dr. Aidh Al-Qarni.

Husna Hisaba

Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Tinggalkan Balasan

*